Telinga masuk sebagai salah satu panca indera yang penting bagi manusia, dengan fungsi utama tak lain adalah untuk mendengarkan suara. Namun seiring dengan pertambahan usia maka kemampuan telinga juga akan mengalami penurunan hingga terkadang hilang sama sekali kemampuannya dalam menenangkan gelombang suara. Hanya saja ternyata masalah yang terjadi pada indera yang satu ini tak hanya dialami oleh orang lanjut usia, melainkan dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Anda butuh memeriksakannya ke dokter spesialis telinga hidung tenggorokan THT di Jakarta Timur.

Memang pada dasarnya jika dilihat dokter yang menangani masalah kesehatan telinga ini sendiri juga mengobati kondisi kesehatan lain, termasuk diantaranya adalah hidung dan juga tenggorokan yang memang sudah menjadi satu kesatuan penting. Lalu sebenarnya gangguan kesehatan seperti apa saja yang dapat dipercayakan kepada dokter spesialis THT ini? berikut diantaranya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Gangguan keseimbangan, labyrinthitis ini bisa terjadi pada siapa saja yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan di telinga bagian dalam. Jadi penderitanya nanti akan merasakan gejala seperti kepala pusing hingga muncul sensasi berputar-putar layaknya terkena vertigo. Untuk mengetahui faktor penyebabnya secara pasti dan juga alternatif pengobatan maka harus dipercayakan pada dokter spesialis THT.
  2. Infeksi telinga, disebabkan oleh kuman yang masuk kedalam telinga dan kemudian menyebabkan terjadinya peradangan, biasanya infeksi ini akan ditandai dengan beberapa gejala seperti diantaranya adalah nyeri, gangguan pada pendengaran, keluar cairan dari dalam telinga sampai dengan demam.
  3. Tuli, gangguan pendengaran yang sifatnya serius, ada tuli yang disebabkan oleh faktor degeneratif atau usia, kemudian juga paparan volume suara yang keras hingga karena tumor, tentunya penanganan untuk kondisi-kondisi tersebut juga berbeda, ada yang dapat diatasi secara mudah, namun juga ada yang tidak dapat diobati.
  4. Sinusitis, ini adalah gangguan yang terjadi pada hidung, dimana rongga sinus memang tengah mengalami pembengkakan, penyebabnya sendiri bisa terjadi karena flu, polip, alergi dan masih banyak yang lainnya.
  5. Alergi, beberapa orang memiliki reaksi alergi pada beberapa bagian tertentu layaknya serbuk bunga maupun debu, jika sudah mengalami kondisi semacam ini membuat mereka harus bersin-bersin, hidung menjadi tersumbat, gatal dan sejenisnya. Sehingga harus diberikan obat untuk meredakan gejala alergi tersebut.
  6. Gangguan yang terjadi pada penciuman, sehingga membuat penderitanya juga tidak dapat mencium atau menghirup aroma-aroma tertentu. Kondisi semacam ini dapat terjadi karena cedera atau benturan di bagian kepala.
  7. Laringitis, kondisi ini ditandai dengan pembengkakan yang terjadi pada kotak suara atau organ laring. Menyebabkan suara menjadi serak hingga munculnya rasa sakit pada bagian leher.
  8. Kanker nasofaring, penyakit yang cukup serius, karena sel-sel kanker tumbuh dan menyerang dinding belakang hidung atau tenggorokan, biasanya terjadi karena infeksi virus Epstein Barr yang menyerang tubuh, mereka perokok aktif atau memang disebabkan oleh faktor keturunan atau riwayat.
  9. Difteri, penyakit yang baru-baru ini masuk sebagai salah satu kejadian luar biasa, karena merenggut banyak nyawa, pengobatannya juga dapat dipercayakan kepada dokter spesialis THT.
  10. Radang amandel atau yang dikenal sebagai tonslitis, dimana amandel memang mengalami pembengkakan yang dapat dipicu oleh infeksi bakteri maupun virus.

Dapatkan dokter spesialis telinga hidung tenggorokan THT di Jakarta Timur yang berkualitas untuk pengobatan Anda.