by

4 Ciri-ciri Pengidap Diare dan Anjuran Konsumsi Air yang Bersih

Air putih kerap disepelekan banyak orang mengingat fungsinya yang biasa saja karena tidak memiliki rasa dan warna. Faktanya, air mineral justru jenis air paling penting dan bermanfaat karena memiliki semua syarat dari ciri ciri air bersih.

Meski memang dapat dibeli semua orang dan murah, namun kandungan air mineral sangat vital untuk kesehatan organ tubuh manusia. Air putih juga berfungsi mengganti cairan tubuh yang hilang pasca beraktivitas seharian secara intens.

Kebutuhan air kian penting ketika tubuh sedang dalam proses penyembuhan. Adapun berbagai penyakit yang muncul karena konsumsi air yang kurang bersih atau layak, seperti diare [1].

Diare merupakan penyakit dengan kondisi yang mana membuat pengidapnya melakukan buang air besar (BAB) lebih sering dari biasanya. Hasil ekskresi juga lebih encer dan perlu diwaspadai.

Para pengidap diare memiliki beragam efek samping, salah satu yang kerap terjadi bila terjadi dalam waktu yang lama adalah pengurangan berat badan yang cukup drastis.

  1. Nyeri dan Kram Perut

Nyeri atau kram di perut? Mungkin itu adalah tanda awal atau gejala pertama ketika diare akan menyerang. Selain karena konsumsi makanan tidak sehat atau cenderung pedas, biasanya minuman yang kotor bisa juga menjadi penyebabnya [1].

Selain itu air yang baik akan menyehatkan bagian perut dengan mineral dan nutrisi yang bisa diserap. Penyebab diare sendiri terletak pada mikroorganisme atau bakteri yang ada pada air minum yang tidak bersih.

Infeksi bakteri, virus, atau parasit menjadi penyebab utama diare yang timbul karena konsumsi air yang tidak bersih. Tentu efek sampingnya bisa beragam, salah satunya adalah badan yang lemas.

  1. Mual atau Muntah

Mual dan muntah juga merupakan gejala awal akan diare. Biasanya nafsu makan akan berkurang seiring dengan penyakit diare yang dialami oleh pengidap penyakit [2].

Alergi makanan juga bisa menjadi alasan lain karena intoleransi terhadap makanan seperti laktosa atau fruktosa bisa menjadi sinyal otak untuk menolak makanan yang dikonsumsi.

Baik makanan dan minuman yang dipilih harus cocok untuk perut dan yang pasti wajib menyehatkan.

  1. Hasil BAB Lebih Cair

Gejala ini biasanya akan dialami oleh seluruh orang yang terkena penyakit diare. Hal ini disebabkan oleh kinerja pencernaan dalam melakukan peleburan makanan atau minuman.

Asam yang dikeluarkan pun berlebih, bahkan penyakit diare dapat menghasilkan efek lain seperti GERD. Konsumsi air putih hangat juga dapat meringankan penyakit diare sehingga hasil ekskresi akan perlahan membaik [2].

Konsultasikan ke dokter apabila diare tidak kunjung menghilang lebih dari seminggu. Efek lama dari diare bisa fatal seperti berkurang drastisnya

  1. Mudah Haus atau Dehidrasi

Dehidrasi merupakan gejala paling umum yang menyertai penyakit diare. Berbeda dengan anak-anak, mereka justru lebih jarang buang air kecil, mulut kering, dan menangis tanpa mengeluarkan air mata.

Pada keadaan dehidrasi berat bahkan anak-anak dapat terlihat mengantuk, kurang fokus, mata sayu, hingga badan lemas. Bagi para pengidap diare di kalangan orang dewasa biasanya akan kelelahan saat ingin beraktivitas, nafsu makan yang berkurang, pusing, mulut kering, hingga mengalami nyeri kepala [3].

Pengobatan diare bisa dilakukan dengan mengonsumsi banyak cairan atau air mineral yang baik. Dari segi pencegahan juga bisa memilah makanan dan minuman yang sekiranya lebih higienis dan memenuhi syarat dari ciri-ciri air bersih.

Pastikan memasak makanan atau minuman hingga matang sempurna sehingga bakteri dan virus akan hilang dengan suhu panas yang tinggi.

Sumber air minium juga perlu menjadi perhatian, selalu percayakan pada sumber air yang baik seperti pegunungan yang kaya akan mineral dan nutrisi. [4]

AQUA terpercaya lebih dari 45 tahun dalam menghadirkan kualitas air mineral yang baik bagi kesehatan konsumen setianya. Melalui 9 kriteria, 5 tahapan dan 1 tahun penelitian oleh para ahli geologi dan geohidrologi sehingga air dipastikan aman untuk diminum oleh para konsumen [4].

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Hal ini selaras dengan komunikasi baru AQUA, “Terlindungi Untuk Melindungi”.

Pastikan pilih AQUA, karena kebaikan berawal dari sini.

Referensi:

  1. https://www.halodoc.com/kesehatan/diare
  2. https://www.alodokter.com/diare
  3. https://www.alodokter.com/waspadai-bakteri-penyebab-diare-berikut-ini
  4. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan

News Feed