by

Celebral Palsy adalah Gangguan Otot dan Saraf yang Dialami Oleh Anak

Celebral Palsy adalah gangguan otot dan saraf yang dialami seorang anak. Gangguan ini bisa terjadi karena masa kehamilan ibu yang mengalami kecenderungan yang aneh. Kondisi tersebut yang kemudian membuat kembang tumbuh anak mengalami ketidaksempurnaan. Pada dasarnya gejala penyakit tersebut bisa dilihat dari sejak bayi. Sehingga buat orang tua ada baiknya untuk segera membawa si kecil kepada ahli guna mendapatkan penjelasan secara menyeluruh. Jika dilihat lebih dalam pergerakan penyakit mulai tumbuh sejak bayi dalam kandungan. Maka dari itu ada baiknya bayi langsung diberikan imunisasi campak.

Metode tersebut menjadi bagian yang paling ampuh dalam menjaga anak dari penyakit. Meskipun begitu bukan berarti setelah pemberian imunisasi orang tua bisa leluasa. Si kecil harus terus berada dalam pengawasan. Sehingga kembang tumbuhnya mampu diketahui. Pasalnya, seseorang dengan gangguan celebral palsy mempunyai indikasi yang cukup jelas. Contoh, dia mengalami pergerakan anggota badan secara abnormal. Bukan hanya itu mereka cenderung sulit makan sejak bayi. Gejala-gejala seperti di atas harus langsung mendapat penanganan yang tepat. Sehingga sebagai orang tua Anda bisa mempunyai waktu untuk mempersiapkan segala hal.

Gangguan otot dan saraf bukan penyakit keturunan. Begitu pula dengan celebral palsy yang memang menyebabkannya terdapat sedikit kesalahan yang membuat para penderita tidak bisa melakukan aktivitas selayaknya orang sehat. Sedangkan jika diteliti lebih jauh gangguan tersebut mempunyai tingkatan. Dimana setia tingkatan mempunyai cirinya masing-masing. Pertama, terdapat spastic yaitu penyakit celebral palsy yang tergolong dalam kelas ringan. Kondisi ini terjadi karena penderita mengalami penyempitan otot pada kaki, sekaligus lengan.

Kedua, athetoid masuk kelas berat dimana pasien tidak bisa menggerakkan badan secara keseluruhan. Peristiwa seperti ini tentu menjadi kenyataan yang cukup berat bagi setiap orang tua. Namun, anak-anak tersebut membutuhkan penyemangat dari orang-orang terdekatnya. Jadi, Anda boleh bersedih tetapi tetap berikan yang terbaik untuk masa depannya. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena Anda hanya perlu terus melakukan konsultasi kepada para ahli. Agar tindakan yang dilakukan sesuai dengan apa yang pasien kehendaki.

Sedangkan bagi Anda yang sekarang masih hamil. Perlu diketahui bahwa asupan makanan yang bergizi harus terus dijalankan. Selain itu, lakukan konsultasi ibu hamil secara rutin agar mengetahui perkembangan si jabang bayi. Hal lain yang juga berkaitan dengan para penderita Celebral Palsy ialah pemberian dukungan dari lingkungan sekitar. Pasalnya mau tidak mau pasien akan mengalami beberapa gangguan. Berikut penjelasannya:

  1. Cacar kognitif merupakan salah satu dampak dari gangguan tersebut. Para penderita mengalami keterlambatan berpikir. Hal in berkaitan dengan saraf yang tidak bekerja baik.
  2. Masalah pendengaran sekaligus penglihatan yang kurang jelas. Lagi-lagi seperti yang sudah diketahui bahwa saraf menjadi komponen tubuh paling utama. Sehingga ketika dia mengalami kerusakan maka menganggu fungsi tubuh lainnya.
  3. Sulit mengendalikan pergerakan otot tertentu. Para penderita mengalami kesulitan dalam pengendalian otot. Mereka bahkan tidak bisa memfokuskan gerak yang ingin dilakukan.

Celebral palsy adalah gangguan kesehatan pada seseorang yang menyerang fungsi otot dan saraf. Bukan penyakit turunan sekaligus bisa dicegah dengan berbagai metode. Anda sebagai pengendali sehat harus mulai memperhatikan setiap hal yang ingin dilakukan. Buat para ibu muda harus memberikan imunisasi campak jerman sebagai salah satu pencegahan penyakit tersebut. Salam hidup sehat.

News Feed