by

Mulai Bisnis Pertama Kali? Coba Bisnis Franchise Aja, Yuk!

Pengen banget punya bisnis sendiri, tapi masih bingung sama idenya? Mungkin, bisnis franchise bisa jadi jawaban yang tepat. Selain modal, ide dan produk yang ingin dipasarkan juga menjadi hal krusial yang harus dimiliki sejak awal. Kalau modal, sumbernya mungkin bisa banyak, bisa dari tabungan, pinjaman KTA, hingga pinjaman uang online yang berbunga rendah dari fintech seperti Kredivo.

Sementara ide atau produk yang ingin dipasarkan, idealnya perlu berawal dari ketertarikan kamu sebagai calon pemilik bisnis. Misal, kalau suka kuliner, mungkin bisnis katering atau makanan ringan bisa jadi pilihan. Kalau suka fashion, mungkin kamu bisa pilih bisnis jual beli pakaian dan ragam aksesoris. Kalau ragu memulai dari 0, kamu bisa memulainya dari produk franchise.

Bisnis franchise atau waralaba merupakan jenis bisnis yang sudah siap, terstruktur, dan diperjualbelikan izinnya oleh franchisor yang sudah sukses lebih dulu menjalankan bisnis ini di pasaran. Biasanya, bisnis franchise kerap ditemui dalam aneka olahan makanan. Karena sukses di pasaran dan peminatnya banyak, pemilik bisnis jadi “ngide” untuk menjual paket bisnisnya ke orang-orang yang memang niat untuk jualan. Kalau kamu pernah lihat booth makanan atau minuman ringan satu merek yang tersebar di berbagai titik jalan, itulah contoh bisnis franchise.

Apa saja alasan yang membuat bisnis franchise cocok bagi pemula? Ini dia ulasannya.

Target pasar umumnya sudah siap dan lebih general

Bisnis franchise yang produknya sudah teruji di pasaran tentu saja memiliki target pasar atau konsumen yang sudah siap. Selain itu, karena produknya biasanya tidak terlalu spesifik, jadi target konsumen dari bisnis franchise pun lebih umum. Contohnya seperti yang telah disebutkan di atas: makanan dan minuman ringan berbau kekinian, yang ada coklat, keju, matcha, dan sejenisnya. Sehingga, bisa masuk di lidah semua orang. Jika dibandingkan dengan menyusun dan menentukan sendiri target pasar dari produkmu, bisnis franchise, jelas lebih praktis dan unggul.

Modal variatif, bisa dipilih sesuai bujet

Harga bisnis franchise juga lebih bervariasi tergantung dengan produk yang dijualnya. Bisnis franchise yang produknya makanan dan minuman ringan, biasanya jauh lebih murah paketnya dibanding yang produknya makanan atau restoran skala kecil hingga menengah. Misalnya, kamu tertarik membeli paket bisnis franchise minuman coklat keju yang banyak peminatnya. Satu paket bisnis biasanya akan termasuk hak menggunakan merek dagang, booth atau etalase, hingga alat dan bahan baku untuk membuat minuman. Di pasaran, harga paket bisnis sejenis ini biasanya dibanderol mulai Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan.

Prosedur pengoperasian bisnis sudah disediakan

Untuk menjaga kualitas produk tetap sama, franchisor tentunya juga akan menyediakan aturan main atau SOP bisnis yang bisa kamu ikuti. Mulai dari resep atau cara membuat makanan/minuman yang dijual, kisaran harga yang disarankan, dan lain sebagainya. Melalui prosedur operasi bisnis yang sudah tersedia inilah, kamu yang belum punya pengalaman bisnis sama sekali bisa sekaligus belajar.

Bisa hemat biaya promosi

Promosi adalah salah satu cara yang diperlukan bagi sebuah bisnis baru agar dikenal dan bisa mendapatkan pelanggan. Tentunya, perlu ada bujet khusus yang kamu alokasikan untuk membuat ragam promosi. Nah, dengan bisnis franchise yang namanya sudah terkenal dan produknya sudah teruji di pasaran, kamu bisa meminimalisir atau bahkan mencoret biaya promosi dari daftar pengeluaran. Asalkan lokasi jualannya sudah tepat sasaran, pelanggan bisa datang dengan sendirinya ke booth daganganmu lho.

Mulai bisnis franchise-mu sekarang bersama Kredivo

Dengan segala keuntungan yang ditawarkan bisnis franchise, kamu bisa memulainya sekarang juga. Urusan modal, kalau tabungan belum cukup, kamu bisa kok ajukan pinjaman uang online untuk tambahan modal bisnis ke Kredivo. Pengajuannya mudah, cepat, online, dan tanpa survei. Selain itu, kamu juga nggak perlu mengajukan proposal bisnis ketika pinjam uang di Kredivo untuk modal.

Yang penting, pastikan kamu sudah memenuhi tiga syarat utama berikut:

  1. WNI yang telah berusia minimal 18 tahun.
  2. Memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Supaya berkesempatan mendapat limit maksimal hingga Rp 30 juta dan bisa mencoba fitur pinjaman uang tunai, pastikan kamu mendaftar akun Premium. Untuk daftar, download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Kredivo menawarkan pinjaman uang tunai online mulai dari Rp500.000 dalam tempo 30 hari, untuk jenis pinjaman mini, dan mulai Rp 1 juta ke atas untuk jenis pinjaman jumbo. Dengan pinjaman jumbo, kamu bisa pinjam lebih dari Rp 1 juta dan maksimal sesuai jumlah limit untuk tenor 6 bulan. Suku bunga yang diterapkan Kredivo terbilang rendah untuk pinjaman modal bisnis. Hanya 2,95% per bulan, dengan tenor maksimal sampai 6 bulan.

News Feed