Siapa yang tidak suka sirup markisa? Sirup yang menjadi favorit semua kalangan ini menjadi trend tersendiri apalagi menjelang ramadhan. Berbagai macam kandungan positif dibalik rasanya yang begitu mantap, semakin membuat orang menyukai sirup markisa.

Tumbuh Liar di Bumi Amerika Selatan

Markisa adalah buah yang berasal dari daerah Amerika selatan, juga dapat ditemukan tumbuh secara liar di berbagai hutan di wilayah tersebut. Markisa termasuk buah yang memanfaatkan bijinya untuk dikonsumsi. Di Indonesia sendiri banyak yang sudah membudidayakan markisa sebagai salah satu komoditi yang mampu bersaing dengan buah-buahan lain. Beberapa produsen minuman seperti sirup dan minuman kemasan, memanfaatkan markisa sebagai produk unggulannya. Ini karena markisa tidak kalah baik dengan buah-buahan lainnya.

Pada manfaat markisa terkandung banyak nutrisi yang teramat baik bagi kesehatan.Kandungan buah markisa banyak mengandung gizi seperti karoten, niasin, asam nitrat, zat besi, kalsium dan fosfor. Berikut adalah beberapa manfaat penting yang bisa didapat dari markisa:

  • Bermanfaat Mengontrol Tekanan Darah

Sebuah markisa setiap hari saja, dapat memenuhi seperempat kebutuhan harian kalium Anda. Kalium ialah mineral penting dalam tubuh salah satunya ialah perannya sebagai vasodilator. Kalium menenangkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, kalium diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat dari sel-sel tubuh. Gerakan antara membran hanya terjadi melalui saluran yang diatur oleh kalium, sehingga jumlah mineral yang cukupi sangat penting.

  • Berguna untuk Mengoptimalkan Sistem Imunitas

Konon, sejak dahulu kala, pada markisa telah ditemukan kandungan penguat tubuh, dan menjadi sangat dibudidayakan. Penguatan kekebalan tubuh ini ialah karena adanya vitamin C, karoten, dan cryptoxanthin. Bahkan, buah markisa memiliki lebih dari 100% dari total asupan yang diperlukan vitamin C untuk diet sehat. Seluruh vitamin ini berperan aktif sebagai antioksidan, yang menangkal dan mengikat radikal bebas dari tubuh, serta menetralkannya, sebelum dapat membahayakan sistem organ dan mengakibatkan . Selain itu, vitamin C merangsang aktivitas sel-sel darah putih dan sisanya dari sistem pertahanan kekebalan tubuh, sehingga melindungi tubuh dari penyakit umum dan penyakit serius lainnya.

  • Sangat Baik untuk Pencegahan Kanker

Dalam rekam medis dan catatan yang terkait dengan masalah kekebalan tubuh, markisa jua ialah merupakan sumber yang kuat akan aktivitas anti karsinogenik pada tubuh. Antioksidan pada markisa, yang utama adalah menetralisir radikal bebas, yang mana sering menyebabkan kanker. Markisa juga kaya akan kandungan vitamin A, fenolik, serta flavonoid yang semuanya telah dikaitkan dengan zat ani kanker, terutama dalam hal kanker paru serta mulut.

  • Kaya Akan Zat Besi

Markisa merupakan sumber yang kaya besi. Institute of Medicine merekomendasikan bahwa laki-laki setidaknya harus mendapatkan 6 mikrogram besi per hari serta perempuan mendapatkan 8,1 mikrogram, secangkir buah markisa mentah menyediakan hampir 4 miligram. Dipasangkan dengan sereal yang diperkaya serta sayuran yang kaya zat besi seperti dalam mnafaat brokoli, para vegetarian bisa mendapatkan jumlah zat besi yang cukup. Kandungan vitamin C dari buah markisa juga membantu tubuh menyerap kandungan zat besinya.

  • Gudangnya Serat dan Protein

Meskipun beberapa orang lebih memilih untuk mengkonsumsi markisa dalam bentukĀ  jus, namun memakannya secara langsung memberikan manfaat gizi tambahan. Secangkir markisa utuh mengandung 24,5 gram serat serta lebih dari 5 gram protein. Kandungan markisa tanpa biji akan mengurangi serat menjadi 0,5 gram per cangkir serta jumlah protein turun di bawah 1 gram.

Masih banyak sekali kandungan baik dari markisa yang masih belum dibahas. Jadi tidak salah jika sirup markisa adalah salah satu sirup favorit yang patut Anda selalu sediakan untuk keluarga.